Minggu, 04 April 2010

hasil nanoteknologi yang telah beredar

Nanoteknologi merupakan suatu terobosan yang bermanfaat bagi manusia. Misalnya meningkatkan efektivitas kerja industri pesawat terbang, robot, komputer, pembersih udara, dll.
sudah banyak produk-produk dari hasil nanoteknologi yang telah banyak beredar...
contohnya adalah sebagai berikut :

1. Sunscreen (tabir surya)

kaca mata ini mengandung nanoparticles (partikel nano) of zinc oxide atau titanium oxide. Semakin besar partikel nano dari zinc oxide, maka akan meninggalkan bekas putih d wajah. Akan tetapi dengan ukuran partikel yg kecil tidak akan meninggalkan bekas keputihan.

2. Self-cleaning glass (kaca yg bisa membersihkan sendiri)
dengan nano partikel yg memberikan efek photocatalytic and hydrophilic pada kaca tersebut. Photocatalytic=ketika sinar UV menyinari kaca, sinar ini akan memberikan energi bagi nanopartikel untuk break down (melunturkan) molekul organik pada kaca (kotoran). hydrophilic= ketika air mengenai kaca, maka nanopartikel menyebarkan air d seluruh kaca, sehingga otomatis membersihkan kaca tersebut.

3. Scratch-resistant coatings (lapisan anti gores).
dengan penambahan aluminum silicate nanoparticles, maka menjadikan mobil maupun kaca mata menjadi anti gores.

4. Antimicrobial bandages (perban anti bakteri)
perban yang menggunakan nanoparticles of silver. ion perak (Silver) menahan pernafasan sel microba, yg memungkinkan luka cepat sembuh.

5. Tahun 2002, Babolat company, perusahaan pembuat raket tenis, menggunakan nano particle yg mengakibatkan raket ringan tapi lebih kuat dari baja. Perusahaan pembuat bola tenis juga menggunakan nano particle sebagai lapisan untuk mencegah udara keluar dari bola. JAdi bola tenis lebih tahan lama, ga gampang kempes



Sumber :
http://main.man3malang.com/index.php?name=News&file=article&sid=2368

Tidak ada komentar:

Posting Komentar